Senin, 28 Maret 2011

alhadiid CEIS

Pernah main ke Institut Teknologi sepuluh Nopember? terutama jurusan Teknik Sipil? kalau pernah, atau bahkan pembaca ini mahasiswa ITS pasti tau jurusan yang satu itu. secara jurusan tertua di ITS gitu loh. hehe...



Pada kesempatan kali ini saya tidak akan mengupas panjang kali lebar apa itu Departemen of Civil Engineering. tapi saya akan mengajak pembaca mengenal sebuah forum ukhuwah yang berada dalam naungan lembaga dakwah islam bernama Alhadiid Civil Engineering Islamic Study. sebuah lembaga dakwah ditingkat jurusan yang memiliki pengaruh besar di fakultas teknik sipil dan perencanaan ini sudah lama didirikan. sampai saya pun sampai sekarang belum mengetahui kapan pastinya lembaga ini didirikan secara resmi. what ever-lah, kapan didirikannya, tugas kita sebagai pewaris adalah meningkatkan dan mengembangkan apa yang sudah ada dan menjadi program dari lembaga ini.


agenda ba'da sholat subuh (SAI 2008di Bangil)
nuansa materi dalam kelas (SAI 2008 di Bangil)

Secara garis besar sebuah lembaga dakwah jurusan berkewajiban untuk mengimbangi sikap hedonisme dan kesalahan akidah yang dimiliki oleh kebanyakan mahasiswa sekarang ini. bukan hal yang mudah. banyak cara kadang kita pergunakan untuk menyampaikan bagaimana seharusnya seorang muslim itu bersikap, berfikir dan berperilaku dalam keseharian. mulai dari kegiatan kajian rutin dua pekanan, program-program kaderisasi, mentoring bahkan sampai agenda yang lumayan menguras dana dan tenaga.

ahmad fuadi (baju hitam) dengan pembina,
alumni dan ketua alhadiid (kiri)
Bisa kita lihat apa saja sih yang ada di Alhadiid ini. mari simak pemaparan saya berikut ini. Program unggulan dari Alhadiid ini adalah SAI (Studi Aqidah Islam), ini merupakan program kaderisasi awal atau recruitmen awal bagi mahasiswa angkatan tahun pertama. kemudian ada kajian sore tiap dua pekan sekali, kemuidan ada  rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan, bahkan pernah juga ada yang kita beri nama Alhadiid expo. dimana pada rangkain kegiatan ini kita menghadirkan Ahmad Fuadi (penulis : Negeri 5 Menara) dalam bedah buku "Negeri 5 Menara". juga tentunya kegiatan syi'ar-syi'ar keislaman yang lain juga. seperti kajian keputrian yang mengajarkan kepada para mahasiswa putri bagaimana menyikapi fitrah seorang wanita dalam kehidupan masyarakat. 
pejuang alhadiid fair 2010
Demikian sedikit yang dapat saya sampaikan dikesempatan kali ini. jika ada yang tertarik tentang Alhadiid atau apa itu lembaga dakwah jurusan yang ada dalam perguruan tinggi, bisa datang silaturrahim ke kampus Teknik Sipil ITS, atau bisa menghubungi saya. Semoga Alloh senentiasa melapapangkan hati dan pikiran kita agar bisa senentiasa menerima inayah dan hidayah dari Alloh swt...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar